Suhu Tekno Suhunya Teknologi

Cara Broadcast WhatsApp

2 min read

Cara Broadcast WhatsApp

SuhuTekno.com – Tidak perlu dipertanyakan lagi, WhatsApp saat ini sudah menjadi salah satu media komunikasi yang hampir semua orang telah menggunakannya.

WhatsApp dinilai memiliki berbagai macam fitur yang membantu dalam berkomunikasi, salah satunya fitur Broadcast. Namun masih banyak orang yang belum mengetahui cara broadcast WhatsApp.

Dengan adanya fitur broadcast ini, kamu bisa mengirimkan pesan ke beberapa grup atau pengguna lainnya secara sekaligus.

Tentunya dengan fitur ini kamu tidak perlu mengirim pesan secara satu per satu ke pengguna lainnya. Agar lebih jelas lagi, berikut ini adalah beberapa cara broadcast WhatsApp yang bisa kamu lakukan.

Cara Membuat Pesan Broadcast di WhatsApp

Baik Android maupun Iphone, kalau kamu mau mengirim broadcast, cara nya tidak berbeda jauh. Begitu juga kalau kamu menggunakan Whatsapp bisnis. Berikut cara nya:

1. Buka Aplikasi WhatsApp

Buka Aplikasi WhatsApp

Langkah pertama yaitu dengan membuka aplikasi WA yang sudah terinstal di perangkat kamu.

Sebagai catatan, fitur broadcast ini sendiri sebaiknya digunakan pada WhatsApp versi terbaru agar tidak terjadi error ketika mengirimkan pesan.

2. Pilih Menu Siaran Baru

Gambar Siaran Baru WhatsApp

Jika halaman awal aplikasi WhatsApp sudah terbuka, langkah selanjutnya yaitu dengan membuka ikon titik tiga yang terdapat di bagian atas kanan layar.

Nantinya akan muncul beberapa opsi, kamu bisa memilih opsi “Siaran baru” atau “New Broadcast”.

3. Pilih Kontak

Gambar Kontak Siaran Baru

Langkah selanjutnya adalah dengan memilih kontak WhatsApp yang akan kamu kirimkan pesan broadcast (BC).

Kamu bisa menggeser ke bawah atau mencari nama kontak di kolom pencarian agar lebih mudah menemukan kontak yang akan dikirimkan pesan broadcast.

Sebagai catatan, untuk mengirim pesan broadcast kamu bisa memilih minimal 2 kontak. Selain itu, hanya kontak yang menyimpan nomor kamu saja yang dapat menerima pesan broadcast dari mu.

Jika sudah, silakan tap tombol centang hijau.

4. Masukkan Pesan Broadcast

Pesan Broadcast WA

Setelah akan muncul jendela chat yang chat tersebut adalah daftar siaran untuk mengirim pesan broadcast. Kemudian kamu bisa menuliskan pesan broadcast yang ingin dikirimkan lalu tap ikon Send.

5. Cek Hasil Broadcast

Contoh Pesan Siaran WA

Jika semua langkah di atas sudah kamu lakukan, maka langkah selanjutnya adalah kamu tinggal mengecek hasil pesan broadcast tersebut.

Adapun ciri-ciri pesan yang sudah diterima dan dibaca adalah ikon centang akan berubah menjadi dua.

Terdapat juga beberapa catatan yang perlu kamu ketahui dalam mengirimkan pesan broadcast, antara lain sebagai berikut.

  • Jika jumlah kontak WhatsApp kamu di bawah 256 kontak, maka dimungkinkan untuk mengirimkan pesan broadcast ke semua kontak tersebut.
  • Jika pesan broadcast belum terkirim, maka kamu bisa mengulangi langkah-langkah di atas dengan benar. Pastikan juga jika koneksi internet yang kamu gunakan stabil.
  • Kamu pun tidak hanya dapat mengirimkan pesan broadcast berupa teks saja, namun juga dapat mengirimkan pesan gambar, dokumen, nomor kontak, dan lain sebagainya.

Cara Broadcast di WhatsApp Web

Sebenarnya pada WhatsApp Web tidak terdapat fitur broadcast layaknya aplikasi WhatsApp di perangkat HP.

Hal ini dikarenakan untuk mengirimkan pesan broadcast kamu perlu memilih data kontak yang telah tersimpan, sedangkan tidak memungkinkan untuk melakukan hal ini di perangkat PC/laptop.

Namun bagi kamu yang ingin mengirim pesan broadcast melalui WhatsApp Web, terdapat cara alternatif yang bisa kamu lakukan.

Berikut ini adalah cara broadcast WhatsApp dengan menggunakan WhatsApp Web.

  1. Langkah pertama yaitu dengan menginstal aplikasi emulator. Banyak aplikasi emulator berkualitas yang bisa kamu gunakan, seperti Nox, Bluestack, dan masih banyak lagi.
  2. Jika emulator sudah berhasil terpasang, maka langkah selanjutnya adalah dengan menginstal aplikasi WhatsApp di emulator tersebut.
  3. Setelah itu kamu bisa masuk ke akun WhatsApp yang terdapat di perangkat HP. Sebagai catatan, akun yang terdapat di HP akan logout secara otomatis jika kamu berhasil masuk ke akun WhatsApp yang terdapat di emulator.
  4. Langkah selanjutnya adalah dengan menyalin dan mengirim data kontak yang terdapat di HP ke emulator kamu, pastikan jika kontak sudah terbaca dengan baik.
  5. Kemudian kamu bisa mengulangi langkah-langkah membuat pesan broadcast WhatsApp yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Penutup

Tentunya cukup penting bagi kamu untuk mengetahui cara broadcast WhatsApp agar aktivitas komunikasi menjadi lebih efisien.

Fitur broadcast ini pun bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti mengumumkan sebuah acara atau sebuah berita dengan waktu yang cepat.

Dengan fitur broadcast ini kamu tidak perlu mengirimkan pesan secara satu per satu ke kontak WhatsApp yang tentunya membuat waktu menjadi tidak efektif.

Jika ada pertanyaan, tinggalkan di komen ya.

Semoga bermanfaat!

Suhu Tekno Suhunya Teknologi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *